ALUN ALUN MALANG

ALUN ALUN MALANG

galeri PB PDEC LPDP B 2 UM

galeri PB PDEC LPDP B 2 UM
PB Toefl

Jumat, 18 November 2016

PB LPDP (Pengayaan bahasa LPDP)


Selamat malam teman,


(prolog)
Sebenarnya ini bukan kali pertama saya menulis di blog, akan tetapi untuk beberapa alasan anggap saja ini adalah kali pertama saya menulis (😄) . Well, as we know saat ini sedang booming banget beasiswa LPDP  kan, pastinya teman teman udah nggak asing lagi sama beasiswa yang katanya bergengsi di Indonesia ini. Tapi mungkin juga ada beberapa teman yang belum mengetahui mengenai beasiswa ini. jika itu permasalahan teman,  teman dapat akses langsung di www.lpdp.kemenkeu.go.id , di web tersebut teman akan mendapatkan informasi yang akurat dan 100% nyata bukan khayalan semata. Di blog ini saya tidak akan membahas mengenai apa itu LPDP dan bagaimana tahapnya karena sudah banyak sekali tulisan yang memuat tentang hal tersebut (coba aja search LPDP dan atau lainnya pasti langsung bermunculan banyak sekali). Di Blog ini saya kali ini saya akan membahas mengenai PB atau Pengayaan bahasa.  

kenapa harus PB? siapa gue ngomong PB? ha ha ha... well saya adalah awardee yang masih membutuhkan Pb 😯 jadi saya share pengalaman saya ini , siapa tahu teman ada yang membutuhkan.


1. Apa itu PB?
PB adalah Pengayaan Bahasa, dimana para awardee yang dinilai belum mendapatkan score Toefl (untuk tujuan dalam negeri) dan Ielts (tujuan Luar negeri) sesuai dengan standart LPDP. Score toefl yang distandartkan LPDP untuk tujuan Universitas Dalam Negeri adalah 500 (toefl ITP) sedangkan ielts adalah 7,5. dengan demikian diharapkan teman dapat masuk kampus tujuan. ingat, Pb hanya khusus untuk pelamar LPDP afirmasi.

2. Apa Boleh tidak ikut PB ?
teman boleh tidak mengikuti Pb dengan syarat:
a. sudah mendapatkan LOA dan merasa tidak memerlukan PB
b. score teman sudah memenuhi target lpdp

3.  kalau score bahasa udah melampui target masih harus ikut Pb?
tidak, karena hanya untuk awardee yang belum punya Loa dan score bahasa masih dibawah target lpdp

4. berapa lama Pb?
tergantung dari score awal teman saat melamar. rentan waktu PB adalah 3 - 6 bulan

5. kapan informasi PB diberitahukan?
teman akan mendapatkan notifikasi dari LPDP jika memang sudah waktunya untuk PB. pengalaman saya, saya menunggu 3 bulan untuk notifikasi tersebut. setelah mendapatkan borang tentang kesediaan atau tidak teman mengikuti Pb, kemudian teman akan mendapatkan undangan PB H- pb itu dilaksanakan. dalam undangan tersebut teman akan tahu dimana melaksanakan PB dan berapa lama waktunya serta kapan mulai PB.

6. biaya Pb gimana?
PB 100% ditanggung oleh pihak LPDP. Teman juga akan mendapatkan living allowance selama mengikuti PB. (siip)

7. berapa LA yang didapat ketika PB?
lihat saja nanti maka teman akan sangat bersyukur mendapatkan beasiswa ini

8. cerita doong pengalaman PB...
 okee,

saya awardee batch 2 th 2016. pada tgl 10 Juni 2016 kelulusan dari subtansi diumumkan. dan alhamdulillah saya lulus dengan segala keterkejutan saya. pada Agustus akhir barulah notifikasi dan undangan Pb diberikan kepada peserta pb. kebetulan saya mendapatkan PB di Universitas Negeri Malang.

Senin, 1 September adalah hari pembukaan serta penyambutan kami sebagai awardee Pb di UM. pukul 08.00 s.d 13.00 merupakan jadwal registrasi, dilanjutkan dengan penyambutan yang meriah nan sederhana oleh pihak universitas. saat itu kebetulan saya ditunjuk oleh teman teman sebagai perwakilan PB Toefl memberikan sambutan, rasanya ya begitulaah 😜   begitu pula satu orang sebagai perwakilan kelas Ielst. kelas PB dbagi menjadi 2, Toefl dan Ielts (sudah saya sebutkan diatas). secara keseluruhan kami ada 32 orang. 17 kelas Toefl dan sisanya Ielts.

keesokan harinya, kami melakukan pre test untuk mengukur kemampuan kami. pre test dimulai pukul 09.00 - 11.30an (kalau nggak kurang) lupa. Rabunya kami diajak untuk mengenal mentor (para dosen fakultas Sastra Inggris Universitas Negeri Malang) yang akan mengajar kami nantinya. setelah itu kami diajak berkeliling Universitas agar lebih mengenal lingkungan kampus.

Hari Kamis, adalah hari pertama kami mulai pembelajaran. pembelajaran dimulai pukul 08.45 - 14.50 setiap harinya untuk kelas Toefl (kebijakan waktu pembelajaran tergantung dari Universitas yang bekerjasama dengan lpdp). akan tetapi kami biasanya memanfaatkan awal pagi (07.00 - 08.00) untuk scoring oleh kami sendiri. kelas dilaksanakan mulai hari senin sampai dengan jumat setiap minggunya. kami berinisiatif untuk melaksanakan independent study setiap hari sabtu sambil eksplor Malang, karena kami berasal dari nusantara yang beragam, ini out dari PB oleh mentor.

Di awal PB, kami mendapatkan Tas, peralatan tulis dan buku buku paket yang digunakan selama PB. selama kurang lebih 3 bulan kami melaksanakan beberapa kali progress check untuk mengukur seberapa jauh pembelajaran dapat terserap oleh kami.

ketika PB, teman teman yang belum mempunya LOA bisa sembari mencari LOA, sehingga setelah PB selesai teman teman sudah mendapatkan LOA dan siap Kuliah, itu saran saya. pastikan bahwa teman mempersiapkan dengan matang segala persiapannya.

di akhir sesi, kami melakukan outbond di luar kota sebagai salah satu progam PB. kemudian kami melakukan Real test ITP. score ITP ini dihaarapkan dapat membantu teman teman dalam memasuki universitas tujuan.

sekian, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan comment di bawah yaak ( jangan lupa baca panduan / pedoman Beasiswa LPDP di websitenya).

wish you luck teman.    
   
PS:
untuk tulisan selanjutnya, silahkan kunjungi https://marchforlove.wordpress.com/
maturnuwun :) 


 

7 komentar:

  1. Kak mau nanya, biasanya kalau untuk program dalam negeri, PB dulu atau PK dulu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, kak cindy, kalau aku dulu PB dulu baru kemudian mengikuti PK. hal ini bisa jadi agak berbeda dengan sekarang karena kebijakan yang telah berubah. untuk selengkapnya dapat dilihat di web LPDP, atau bisa langsung bertanya kepada CSO lpdp dapat via email ke cso.lpdp@kemenkeu.go.id atau call center LPDP 1500 652
      semoga membantu kakak :)

      Hapus
  2. Kak mau nanya, aku Insya Allah akan pb d um, gimana mekanisme pncairan dana dari tiket dan Living allowance ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kak, baru buka blog lagi setelah sekian lama vakum 🙏
      Mekanismenya sesuai dg panduan di buku panduan terbaru LPDP ya kak. Semoga membanty

      Hapus

  3. halo kak, terima kasih sudah berbagi informasi, saya mau tanya apabila di real test kita belum mendapatkan skor yang minimal yang disyaratkan gimana ya? apakah bisa lanjut kuliah atau mengulang pb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga kak, menurut pengalaman saya, ketika do real test belum mendapatkan skor yg diisyaratkan maka ada 2 kemungkinan kak:
      1. Jika kakak sudah mendapatkan LOA maka tidak perlu melanjutkan PB
      2. Jika kakak belum mendapatkan LOA maka akan melanjutkan PB dg syarat dan ketentuan yg berlaku sesuai dg kebijakan LPDP saat ini.
      Tp tetap ingat, acuan utama adalah kebijakan LPDP yg berlaku saat ini. Semoga membantu

      Hapus
  4. youtube - Videodl.cc
    youtube iphone mobile version tv app app android apk android iphone mobile version tv app apk android apk android apk android  Rating: 4.7 · ‎3 youtube mp3 reviews

    BalasHapus